Rabu, 13 April 2011

Mempercepat Booting Windows XP


Sering kali kita terlalu lama menunggu booting windows xp, sampai bermenit-menit lamanya. Saat windows xp booting maka sistem akan mengecek hardware-hardware yang terpasang, terutama hardis, kemudian engecek file-file yang dibutuhkan windows, semakin banyak hardware baru yang terpasang dan semakin banyak file-file sistem yang ada maka windows akan semakin lama booting. Teknik kali ini sebenarnya hanya mengurangi pengecekan hardware (terutama hardisk) dan menurangi file-file yang di cek windows saat booting.

Berikut langkah-langkah untuk mempercepat booting windows xp pro.

* Klik Start menu pilih Run ketik devmgmt.msc, tunggu
sampai dialog Device Manager muncul.
* Pada Device Manager, pilih IDE ATA/ATAPI Controllers dan klik
dua kali Primary IDE Channel. Pilih tabulasi Primary IDE Channel
Properties
pada listbox Device Type
pilin None.
* Lakukan hal sama pada poin 2 pada Secondary IDE Channel dengan mengklik dua kali. Dan pada tabulasi Secondary IDE Channel Properties pada listbox Device Type pilin None.
* Buka Notepad kemudian ketik del c:’windows’prefetch’*.*/q dan dibawahnya ketik del c:’windows’temp’*.*/q, jangan lupa untuk menyimpanya dengan nama ntosboot.bat di C:/. Selanjutnya keluar dari notepad.
* Kembali klik Start menu pilih Run ketik gpedit.msc, tunggu sampai dialog Group Policy muncul.
* Pada Group Policy pilih Coputer Configuration ==> Windows Setting ==> Scripts.
* Klik dua kali pada Startup, dan muncul Starup Properties, klik tombol Add kemudian muncul dialog Add a scripts, kliklah tombol Browse selanjutnya cari dan pilih file ntosboot.bat, klik OK dan OK lagi.
* Lakukan hal sama pada poin 7 pada Shutdown dengan mengklik dua kali, dan muncul Shutdown Properties, klik tombol Add kemudian muncul dialog Add a scripts, kliklah tombol Browse selanjutnya cari dan pilih file ntosboot.bat, klik OK dan OK lagi.
* Keluar dari semua aplikasi yang dibuka, dan coba restart komputer untuk melihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar